Kicau Kacau curahan Hati Penulis Galau

Judul : Kicau Kacau curahan Hati Penulis Galau
Pengarang: Indra Herlambang
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : ke-7 Juli 2011
Tebal: 332 hal.








Buku ini adalah sebuah kisah non fiksi, karena buku ini adalah kisah nyata curahan hati dari seorang penulis galau yang juga sebagai pembawa acara berita selebritis yang disiarkan secara langsung setiap hari pagi, siang dan sore di stasiun televisi swasta milik kita bersama. Siapa lagi ? ini dia Indra Herlambang.

Kali ini Indra Herlambang mencoba menulis sebuah buku. Seperti diceritakan di dalam bukunya. Indra mengaku kalau menulis adalah salah satu hobinya yang sudah lama ia sukai. Saat ia duduk di bangku SMA ia pernah menjadi editor buku tahunan dan majalah sekolah.

Namun Awal mula ia menulis yang sesungguhnya untuk di publikasikan di sebuah majalah. Yaitu ketika ia kedatangan tamu dari free magazine, sebuah media alternatif yang diterbitkan secara gratis. Disitulah ia mulai menyalurkan hobi menulisnya sampai ia mendapatkan satu kolom rubrik di majalah tersebut untuk menulis apa saja yang ia sukai.

Ketika saya membaca buku ini saya seperti membaca sebuah diary seseorang.Gaya bahasa dan penulisannya cukup ringan, santai namun berisi. Buku ini terdiri dari IV BAB, dimana disetiap babnya terdiri dari beberapa cerita-cerita yang menarik, lucu dan seru. Membahas berbagai macam hal mulai dari ke galauannya yang selama beberapa tahun ini belum juga mempunyai pasangan, party, politik, masa ia kuliah, keterlibatannya dalam reformasi dan demo mahasiswa di ITB, hingga masalah yang sebenernya tidak penting namun perlu juga untuk dibahas.

Saya seperti berkaca kepada diri saya sendiri ketika membaca buku ini. Karena hobi saya hampir sama dengan si penulis yakni menulis. Tapi bedanya adalah saya penulis kacangan yang baru berani menulis di media blog pribadi. Kesamaannya adalah tulisan yang saya bahas juga kebanyakan kisah nyata (non fiksi) dan membahas masalah yang tidak penting yang mungkin orang lain tidak pikirkan namun saya membahas dan memikirkannya.

Yang unik dari buku ini adalah kisah-kisah yang disampaikan membuat saya tidak merasa bosan karena tulisan yang ditulis to the point, singkat, jelas, padat namun tepat sasaran. Buku ini menurut saya adalah sebagai bacaan alternatif ketika kita bosan membaca buku novel yang ceritanya terlalu bertele-tele atau buku-buku yang terlalu banyak teori yang sebenarnya agak jauh dari realita serta terkesan lebay. Yang hal tersebut hanya melambungkan mimpi dan angan-angan kepada para pembacanya yang menurut saya hal itu sama sekali gak lucu.

coba saja anda baca buku ini saya jamin anda pun akan merasakan hal yang sama seperti saya, karena buku ini ditulis dengan pasion seseorang yang  hobi menulis, idenya bebas gaya penyampaian dan tulisannya mengalir. Tak dibatasi dengan tema,judul,atau apapun ditambah isinya yang sangat realistis .

 Jadi wajar kalau buku ini menjadikan Indra Herlambang masuk dalam kategori buku best seller karena sesungguhnya memang pantas ia dapatkan.

Ps: dan terakhir yang saya setuju dari si penulis yang diceritakan dalam buku ini adalah pelajaran Matematika (sumpah demi apapun saya gak bohong) saya juga sangat benci dengan pelajaran tersebut (goodbye : pitagoras, persamaan, x,y, sin,cos tan,peluang,statistik,integral dkk) *tobat gak mau lagi, males

Comments